Thursday, May 13, 2010

Obat Jerawat

MESKIPUN banyak Obat jerawat yang dipasarkan, sebagian orang tetap memilih perawatan alami di rumah. Perawatan alami ini menggunakan bahan-bahan natural dan tak menghabiskan banyak biaya. Berikut sejumlah perawatan yang dapat dicoba untuk membasmi jerawat.

Obat Tradisional - Bersihkan wajah dengan alkohol
Para ahli yakin kulit mulus bebas jerawat dapat dihindari dengan diet sehat, tidur cukup, dan berolahraga secara teratur. Untuk itu, jaga kebersihan kulit. Caranya, bersihkan muka dengan kapas yang telah dicelupkan dalam larutan alkohol.

Cara ini efektif membunuh kuman penyebab jerawat. Tapi, jangan terlalu sering karena penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kulit iritasi dan mengelupas.

Masker oatmeal
Menurut para ahli, kulit super berminyak sebaiknya dirawat menggunakan masker yang terbuat dari oatmeal. Oatmeal tak hanya berfungsi sebagai scrub tapi juga menyerap kelebihan minyak di wajah. Setelah itu, basuh wajah dengan air dingin hingga bersih. Cara ini ampuh untuk merapatkan pori-pori.

Madu dan apel
Selain oatmeal, madu dan apel juga menjadi obat alami yang ampuh membasmi jerawat membandel. Campurkan parutan apel dengan madu, lalu aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan. Diamkan hingga sekitar 15 hingga 20 menit, lalu basuh dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali tiap minggu, tergantung jenis kulit Anda.

Tumbuh-tumbuhan
Herbal yang terbukti ampuh mengatasi jerawat yakni burdock, sarsaparila, dan yellow duck. Selain itu, keampuhan ini juga dimiliki minyak teh hijau. EKstrak teh hijau mengandung antiseptik yang menyembuhkan area jerawat yang meradang dalam waktu singkat.

Aspirin
Aspirin dikenal ampuh meredakan sakit kepala. Tapi, aspirin juga dapat mengobati jerawat. Hancurkan sebutir aspirin dan larutkan dengan sedikit air. Aplikasikan di wajah. Kemudian, bersihkan dengan sabun dan air.

Cara ini berguna mengurangi kemerahan dan meredakan sengatan perih jerawat. Jika jerawat belum juga hilang, ulangi prosedur ini beberapa kali hingga kulit bebas dari jerawat.

Obat Perawat Minyak zaitun
Meski terdengar aneh, beberapa orang mengklaim minyak zaitun juga berkhasiat mengobati jerawat. Caranya, buat pasta dengan mencampurkan empat sendok makan garam dengan tiga sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke wajah, dan diamkan selama satu atau dua menit. Kemudian, bilas dengan air hangat dan sabun. Ulangi prosedur setiap hari selama seminggu, lalu kurangi menjadi dua atau tiga kali seminggu.

Vitamin
Sangat penting bagi Anda untuk memerhatikan asupan vitamin dalam tubuh. Sebuah tes yang dilakukan ahli membuktikan, asupan 5.000 unit skala internasional vitamin A setiap hari, dapat mengurangi jerawat. Sementara itu, vitamin B6 membuat kulit lebih kuat sehingga mengurangi kemungkinan jerawat. Seng dalam dosis ringan, jika dikonsumsi sebelum jerawat muncul juga bisa mencegah timbulnya bintik kemerahan tersebut di kulit

No comments:

Post a Comment