Friday, April 9, 2010

Wawancara Tiger Woods ‎

Tiger Woods Masters - Berikut ini transkrip wawancara dengan Tiger Woods yang dilakukan Golf Channel dan disiarkan Minggu (21/3):

Reporter yang mewawancarai Woods adalah Kelly Tilghman.

Q: Tiger, Anda selama ini begitu awas mengontrol diri Anda sendiri sepanjang hidup, mengapa terakhir kali Anda kehilangan kontrol diri?

Tiger Woods: Bila kita melawan nilai dalam diri kita, maka kita akan kehilangan arah. Saya meninggalkan meditasi saya, saya mundur dari kehidupan sifat-sifat seorang Buddhis dan hidup saya menjadi lain. Saya merasa tidak memilih arah, tidak seperti yang selama ini saya rasakan. Akibatnya, saya melukai hati banyak orang karena sikap saya yang tidak seperti biasanya dan karena watak saya yang berubah.

Q: Apa Anda tidak merasakan ada momen untuk tidak melakukan yang tidak Anda inginkan?

Woods: Yeah, Saya mencoba menghentikannya tetapi tidak bisa. Ini amat mengerikan.

Q: Bagi pria yang memiliki displin kuat secara lahirian dan batiniah, mengapa Anda tidak mengatakan seperti itu?

Woods: Saya tidak tahu, sekarang saya tahu. Ini merupakan bagian pembelajaran saya, setelah hilang 45 hari amat banyak pelajaran yang didapat. Anda menyingkirkan penampilan itu, merasionalisasi dan tiba pada kebenaran dan kebenaran itu amat menyakitkan, karena ia selalu menyaksikan kita yang selalu tidak mengakui diri kita sendiri.

Q: Turnamen Masters sedang menunggu Anda, bagaimana Anda mengetahui secara mental siap untuk mengikutinya?

Woods: Saya amat takjub muncul lagi dan bermain. Saya kehilangan permainan, saya kehilangan pertandingan. Saya belum siap bermain di Tavistock atau di Bay Hill. Saya sampaikan itu kepada Joe (Lewis, ketua Grup Tavistock) juga kepada Arnold (Palmer). Saya ingin bermain dalam kedua event tersebut tetapi saya merasa belum siap. Saya mencoba melakukan pesiapan. Hank dan saya memulai kerja lagi dan mencoba segala sesuatunya berjalan lancar seperti sebelumnya.

Q: Bagaimana Anda merasakan bahwa Anda sudah siap mengikuti turnamen Masters?

Woods: Saya mencoba memulai memiliki perasaan bertanding lagi. Saya tahu bagaimana bermain golf dan ini amat membantu. Saya hanya ingin bermain lagi.

Q: Bagaimana efek terapi untuk jadwal 2010? Saya kira Anda sudah tidak sabar menunggu hasilnya.

Woods: Yeah, saya akan menjalani lebih banyak terapi dan pengobatan pada musim ini. Sepanjang jadwal program saya berjalan terus, saya tidak tahu apa yang akan terjadi, Kelly. Tahun lalu saya tidak tahu akan ada cedera pada kaki saya. Saya bahkan tidak tahu apa yang akan saya lakukan. Masih tidak pasti; dan tahun ini pun saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Ini memang sedikit mengganggu, karena saya tidak suka dengan apa yang tidak saya ketahui. Tapi apa yang saya tuju adalah menjadi orang yang lebih baik dan untuk itu saya menjalani lebih banyak pengobatan.

Q: Ada dikenal sebagai pegolf handal di dunia ini tetapi Anda akhirnya menjadi pemain yang dibicarakan dari sisi kehidupan keluarga Anda. Bagaimana Anda merasakan hal ini?

Woods: Rasanya menyakitkan, tetapi sekali lagi, saya mengetahui itu karena perbuatan saya. Saya orang yang melakukannya dan saya memikirkannya dengan kesadaran penuh. Saya dapat mengerti mengapa orang mengatakan ini sebagai perubahan dari diri saya. Sebagai manusia, sulit dimengerti mengapa saya melakukan hal itu. Sekarang saya memutar ulang apa yang sudah saya lakukan.

Q: Amerika mengetahui bahwa seorang pegolf terbesar tergeletak ditahan tanpa mengenakan sepatu pada pukul 2.30 dini hari, berdarah, apa yang terjadi malam itu?

Woods: Semua itu ada dalam laporan kepada polisi. Mereka memeriksa hal itu dan mempublikasikan hasilnya kepada publik. Banyak orang mengetahui tentang saya dari Elin dan saya kira itu lebih baik tercatat secara pribadi.

Q: Bagaimana terjadinya kecelakaan mobil itu?

Woods: Saya tidak melaju terlalu cepat, tetapi sayang, akhirnya saya tabrak berbagai hal.

Q: Dilaporkan bahwa beberapa anggota tim Anda, lingkaran dalam kehidupan Anda, terlibat dan melakukan hal salah dalam masalah ini? Apakah itu benar?

Woods: Itu tidak benar. Ini semua tentang saya. Saya satu-satunya yang melakukan hal itu, saya bereaksi atas apa yang saya lakukan, tidak ada seorang pun yang mentahui masalahnya. Saya yakin bila lebih banyak orang yang mengetahuinya tentang kehidupan pribadi saya. mereka pun tidak akan mencampurinya...atau mereka tidak akan mencoba menghentikannya. Saya yang mengetahui semuanya.

Q: Bagaimana hubungan perkawinan Anda dengan Elin saat ini?

Woods: Kami sedang membicarakannya dan hal itu dalam proses dan hal itu merupakan masalah pribadi saya dengan dia.

Q: Bila ayah Anda di sini sekarang dan menyaksikan apa yang terjadi dalam empat bulan terakhir ini, apa kira-kira yang akan dikatakannya?

Woods: Ia pasti amat kecewa dengan saya. Tapi kami berdua akan terlibat dalam pembicaraan panjang. Tapi inilah masalahnya, saya kehilangan tuntunannya. Bila ia ada tentu ia akan membantu saya dan menguatkan saya kembali. Saya tahu ia akan melakukan hal itu.

Q: Kira-kira apa yang dikatakannya, menurut Anda?

Woods: Saya tidak dapat mengatakannya, tetapi ia selau amat menjurus. Ia mungkin akan berkata, kamu butuh jalan hidup kembali ke arah yang benar.

Q: Bagi orangtua yang mengamati kamu sebagai model, apakah yang akan Anda katakan agar mereka kembali mempercayai Anda?

Woods: Kelihatannya waktunya sudah lewat. Saya yang harus bereaksi atas diri saya sendiri. Saya harus memberi arti pada waktu yang sudah lewat ini. Saya akan meneruskan melakukan hal itu.

Q: Bagaimana Anda menjelaskan hal ini suatu hari pada anak-anak Anda, ketika mereka sudah cukup usia untuk memahaminya?

Woods: Saya akan menjelaskannya kepada mereka sembari duduk dan ini tidak hanya satu kali. Akan saya jelaskan pada mereka berkali-kali. Tidak ada orang yang akan menjelaskan hal itu, itu merupakan tanggung jawab saya. Pembicaraan itu memang perlu dilakukan.

Q: Berdasar apa yang sudah terjadi, apa selanjutnya yang ingin Anda lakukan?

Woods: Seperti yang sudah saya katakan, saya merasa bahwa golf merupakan kendaraan saya untuk menolong banyak orang. Ayah saya selalu mengatakan suatu hal yang saya tidak begitu mengerti sampai hari ini. Untuk membantu orang lain, pertama kali kamu harus belajar cara membantu dirimu sendiri. Ketika berada di pusat pengobatakan selama 45 hari, saya belajar banyak. Saya memahami bagaimana cara menolong diri saya sendiri. Saya belajar bagaimana menolong diri sendiri, itulah makanya saya dapat menolong orang yang jatuh di jalanan.

Q: Saya lihat Anda memakai gelang, dapatkan kita melihatnya?

Woods: Yeah.

Q: Apa artinya ini?

Woods: Itu Buddha, ini merupakan perlindungan dan kekuatan dan saya yakin saya membutuhkan itu.

Q: Kapan Anda mulai memakai gelang ini?

Woods: Sebelum saya melakukan pengobatan.

Q: Apakah Anda akan mengenakan ini selama mengikuti turnamen Masters?

Woods: Tentu saja.

Q: Untuk sisa hidup Anda?

Woods: Tentu saja.

Q: Tiger, terima kasih.

Woods: Terima kasih, Kel. (Ant/Reuters/OL-04)

No comments:

Post a Comment